Sunday, October 19, 2014

Sosial atau Alam?

IPA? IPS? Bahasa? Pilih mana yaaa? Bingung?
Emang, bukan suatu hal yang janggal kalo kita bingung milih jurusan. Apalagi, kalo kita udah make kurikulum 2013 dimana kita harus milih jurusan saat kelas X. Nah, di kurikulum 2013 ini, ga make istilah IPA, IPS, Bahasa. Lah, terus apaan dong? Iya sob, emang istilah-istilah itu udah ga kepake lagi. Sekarang, yang ada itu MIA (Matematika-IPA), IIS (Ilmu-ilmu Sosial), sama satu lagi IBB (Ilmu Budaya dan Bahasa). Daaaan, kata penjurusan disini diganti sama peminatan. Jadi, dari pengalaman aja sih ini, sekolah aku tuh ga 'ngejurusin' peserta didiknya. Tetep ada test sih, tapi tetep juga ada angket tentang jurusan yang kita pilih, kemauan mama, ga lupa juga kemauan papa.
Nah, yang akan aku omongin kali ini adalah..... apa sih yang harus kita ambil? Berdasar apa sih kita ngambil peminatan ini? Cuma minat aja gitu?
Okay. Aku yakin banget, mayoritas dari kalian semua pasti pengen banget jadi anak IPA/MIA. Entah karena emang bener-bener cita-cita yang mengharuskan kalian semua jadi anak MIA, minat dan ketertarikan emang disana, belom ngerti besok gede mau jadi apa, paksaan orang tua, gengsi semata, atau bahkan ngikut temen/doi yang emang masuk MIA. Kalo alesanmu itu masuk di dua alesan terakhir......., itu tolol banget sob. Jadi gini.......
Sejak SMP, aku itu cinta banget sama IPA. Apalagi Biologi, baaah! Biologi itu pelajaran yang paling asik lah. Nilai-nilaiku waktu jaman SMP pun jauuuuuh lebih bagus IPA dibanding IPSnya. Selisih di rapot antara IPA sama IPS bisa nyampe 13 poin! Untuk pelajaran IPS sendiri, seperti pada umumnya, sejarah lah yang paling bikin eneg. Terus nilai IPSmu gimana? Ya tuntas sih, cuma mepet banget!! Karena apa? Aku bego banget kalo disuruh ngapalin. Apalagi yang ada tanggal-tanggalnya. Kalo untuk ketertarikan sih jujur.... IPS emang pelajarannya lebih menarik (yah, selain sejarah yang pasti).
Nah, ketika POPSILA (MOS nya Loyola) selesai, ada tuh tes peminatan yang nentuin ntar kami bakal jadi anak IPA/IPS. Disini, mapel yang diujikan cuma Fisika. Biologi, Ekonomi, Geografi. Daaaan, karena aku pengen banget jadi anak IPA, aku belajar IPA dan sama sekali ga belajar IPS. Terus, waktu ngisi angketpun aku isi IPA semua, ya supaya aku jadi anak IPA.
Terus sekarang kamu anak apa?
Anak ayah bunda #halah.
Aku sekarang anak IPS, tapi mantan anak IPA.
Lah? Kok bisa?
Jadi gini nih ceritanya, sebelum mid semester, aku emang anak IPA. Dan, (dulunya) aku bersyukur banget bisa jadi anak IPA, tapi tepat sebelum mid test, aku jadi anak IPS.
Iya, jadi nilai-nilai Matematika minat, Fisika, Biologi, sama Kimiaku hangus ga kepake. 
Intinya sih, aku pindah jurusan.
Lah, kenapa pindah? Bukannya emang pengen banget jadi anak IPA?
Iya pindah. Soalnya aku pengen kuliah di rumpun soshum.
Terus kenapa ga dari awal aja pindah IPS? Tolol ah!
Oke. Aku pengen banget masuk IPA karena aku belum tau besok gede mau jadi apa, mau kuliah dimana, dan apapun itu yang berhubungan dengan cita-cita. Seperti yang kita semua tahu, kalo dari IPA/MIA itu kan bisa masuk rumpun mana aja (Saintek, Soshum, dan Bahasa Budaya). Bisa lintas minat gitu. Ngga kaya anak IPS yang ga bisa ke jurusan Saintek (meskipun di UI dibolehin). Itu tuh yang bikin aku pengen jadi anak IPA. Tapi, dua minggu sebelum mid semester, sekolahku ngadain Education Fair yang didatengin UI, UGM, ITB, Undip. Disitulah aku dapet gambaran tentang masa depan aku kedepannya. Aku pengen masuk UI/UGM. Jurusannya sih emang belom pasti, tapi untuk sementara ini aku ngincer HI/Akuntansi/Bisnis/Manajemen/Psikologi.
Lah bukannya itu berhubungan sama keinginanmu masuk IPA? Kan anak IPA bisa kuliah di jurusan begituan?!
Yep emang bener! Komentar temen-temenku tentang kepindahan ini pun juga gitu. Tapi...... buat apa sih jungkir balik meroda lompat harimau belajar MIA untuk dapet nilai bagus tapi setelah itu ga kepake? Dan malah harus berjuang ngejar tiga tahun materi IIS yang ga didapetin di MIA (kebetulan sekolahku lintas minatnya cuma Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris, sama Bahasa Jawa. Udah ditentuin sekolahan begitu). Jadi kalo aku jadi anak IPA tuh kaya kerja dua kali, berjuang biar nilai MIA bisa bagus-bagus baik harian maupun UN. Tapi setelah itu, itu semua ga kepake dan malah harus belajar lagi buat SBMPTN/Ujian Mandiri yang saingannya emang banyak banget. Untuk UI aja nih ya, kuota SNMPTN (Undangan) itu 50%, SBMPTN (Tes Nasional) 30%, dan SIMAK UI (Ujian Mandiri yang diadain UI) 20%. Daaaaan, ketika aku nanya jurusan HI UI, spontan ku dibuat melonjak kaget karena jumlah pendaftarnya bisa nyampe 10.000 lebih dan yang diterima cuma........42. Makanya itu, aku mau memperbesar kemungkinanku diterima di jurusan dan univ inceran. Kalo masuk IIS kan bisa masuk lewat tiga jalur tuh, lewat undangan, tes nasional, sama tes dari univnya. Jadi peluang lebih gede. Dan aku ini emang tipe orang yang milih 'rekoso' di awal, bukan 'rekoso setelah rekoso'. Jadi ya aku bakal berusaha banget di IIS supaya bisa direkomendasiin sekolah buat dapet undangan dari univ inceran. Toh, kalo emang Tuhan berkata bukan lewat jalur undangan, aku juga pasti lebih siap untuk menghadapi SBMPTN kalo dari awalnya udah di IPS, bukan IPA.
Lagi nih, kan menterinya mau ganti tuh, aku jaga-jaga aja kalo misalnya beliau bikin keputusan bahwa anak MIA cuma bisa ambil jurusan Saintek. Jadi kaya semacam ga ada lintas minat waktu ngambil jurusan kuliah gitu. Kalo misal aku masih di IPA kan bisa mati-_- karena apa? Aku sama sekali ga ada minat buat jadi dokter/kerja di teknik-teknik begituan. Kalo ada rumah sakit nih ya, mending aku jadi yang punya daripada jadi dokternya. Intinya yang ngebayar gitu.

Jadi nih, saranku dalam pengambilan 'minat' yang emang harus kalian ambil dari kelas X, jangan 100% ngikutin minat \\. Pilih yang emang sesuai sama masa depan. Apalagi, kalo ntar calon SMA kalian udah memberlakua\kan peminatan dari awal masuk dimana kalian emang bener-bener ga ngerti IPA nya SMA.
Syukur-syukur kalo calon SMA kalian ngadain lintas minat yang bisa milih. Kalo misalnya sekolah aku bisa milih sih, \pengennya ambil Biologi sama Bahasa Perancis.
Terus, kalo misalnya keputusan kalian ga sejalan sama orang tua, coba omongin baik-baik deh. Suruh mereka liat Three Idiots sama baca tulisan post ini (halah). Tapi serius sih, aku dapet keputusan bulat untuk pindah IPS juga karena blogwalking (selain dari edufair). Kalian bisa cari-cari referensi dari blog-blog lain dan pengalaman orang lain, contohnya yang deket-deket dulu aja kaya sodara/tetangga. Aku bersyukur banget. orang tua aku ngedukung apa keputusanku. Malah, ayahku seneng banget karena dalam usiaku yang bisa dibilang labil-labilnya ini, aku mampu ngambil keputusan yang cukup besar dan fatal. "Ngejar materi IPS sebanyak 3 bab dalam semalem bukan hal yang mudah loh, tapi kalo kamu bisa berhasil ngejalaninnya itu artinya kamu punya kapasitas," itu kata ayahku. Dan Alhamdulillah, aku cukup bersyukur karena di rapotku yang bagian peminatan, cuma ada satu mapel yang dapet dibawah KKM. Aku dapet B di sosiologi sementara KKMnya B+.
Kalo emang orang tua kalian batu banget....., jujur aku ga bisa kasih solusi lain selain coba yakinin lagi dan lagi sambil doa ( bisa juga ajak mereka ke psikolog pendidikan) atau ikutin kata-kata mereka. Ada sih, sodaraku bilang "Daripada besok aku ga sekolah, Mah?" ke ortunya, dan itu berhasil. Tapi aku bisa jamin, kalo ortu terlalu memaksakan kehendak mereka ke anak-anaknya, ntar yang ada si anak malah nyalahin ortu saat ngalamin kegagalan (ga naik kelas, misalnya.)
Dalam milih peminatan gini, gengsi jangan digede-gedein. Stereotype tentang anak IPS yang buangan, rusak, berandal, dan ga punya masa depan itu salah besar. Di IPS kalian diajarin Ekonomi, Sosiologi, sama Geografi dimana ilmu itu langsung bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Dan untuk kalian yang udah jadi anak IIS, jangan bikin citra IIS/IPS/Sos rusak. Tunjukkan bahwa stereotype itu salah. Ikutlah lomba, menangin! Usaha semaksimal mungkin. Dari pengalamanku belajar 3 bab awal di IPA SMA, materi IPS emang sedikit lebih mudah dikejar daripada materi IPA, tapi laboratorium kita lebih kompleks. Dunia, man!
Untuk kalian semua yang masuk IPA/MIA karena ngikutin temen/kecengan.... Please. Itu alesan konyol banget -_- masa depan kalian tuh ada di kalian.

Ingat, manusia berencana, Tuhan yang menentukan. Tapi alangkah konyolnya jika kita sebagai citraanNya cuma bisa ngikutin arus yang membawa kita.

Semoga membantu! :)


1 comment:

Unknown said...

HELLO HELLO I'M AMAZED!!!!!
LOVE YOUR BLOG KUZHYAR XXX
I envy you so much. . .
keep up the good vibe!

-your fellow blogger KKL HUEHEHEHE